MERAWAT DAN MENJAGA KESEHATAN PAYUDARA WANITA

MERAWAT KESEHATAN PAYUDARA WANITA


Memiliki sepasang payudara yang sehat tak hanya menambah kecantikan wanita tapi juga menambah rasa percaya dirinya. Maka dari itu, perlu merawat payudara dengan teratur untuk menghindari risiko kanker payudara, kendur, dan terkena infeksi.

Payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang sensitif. Untuk itu Anda harus menjaga dan merawatnya seraca rutin agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Peduli terhadap payudara dapat membuat tubuh Anda sehat dan proporsi yang indah.

Merawat Kesehatan Payudara

Terdapat banyak manfaat lainnya dari payudara, sehingga perlu untuk dirawat. Jika Anda seorang ibu, payudara adalah satu cara untuk memberikan nutrisi pada si buah hati. Begitu juga Anda yang masih single, proporsi payudara yang indah membuat menampilan Anda semakin memukau.


Berikut ini cara sederhana yang bisa Anda lakukan guna menjaga payudara agar tetap sehat dan indah :
  • Pelembab
    Seperti kulit tangan dan kaki, kulit payudara juga membutuhkan pelembab untuk mencegah dan mengurangi kerutan karena dehidrasi. Pelembap khusus payudara disebut bust cream.

  • Pakai bedak
    Jerawat juga bisa muncul disekitar payudara, karena daerah tersebut dipenuhi kelelnjar minyak. Untuk mengatasinya, anda bisa memakai bedak tabur setelah mandi. Hindari juga memakai bra basah.

  • Jangan tidur tengkurap
    Tidur tengkurap dapat mengubah bentuk payudara, posisi tidur yang dianjurkan adalah posisi miring. Dengan kedua payudara ditopang bantal. Ada baiknya anda tidak memakai bra saat tidur, agar pori-pori payudara lebih leluasa bernafas.

  • Gunakan bra dengan ukuran pas
    Jika kulit disekitar payudara anda merah dan terasa gatal, kemungkinan bara yang anda pakai terlalu kecil. Atau bisa jadi, kulit anda tidak cocok dengan bahan dasar bra tersebut. Pilih bra dengan bahan yang ramah dengan kulit dan sesuai ukuran akan membuat payudara sehat.

  • Pilih bra sesuai kebutuhan
    Gunakan bra berkawat jika memang ukuran payudara anda terlalu besar taau bentukya mulai menurun karena usia faktor, gunakan sport bra dengan cukup khusus. Agar gerakan anda lebih fleksibel melakukan berbagai gerakan dalam olahraga.

  • Periksa payudara
    Mulai periksa payudara anda minimal setiap riga tahun sekali ketika usia memasuki 20 tahun, bagi wanita berusia 40 tahun keatas dan memiliki riwayat kanker payudara turunan, lakukan pemeriksaan secara rutin. Jika pemeriksaan dengan mammogram dirasa belum cukup, anda bisa meminta dokter untuk melakukan magnetik resonance imaging (MRI) atau sonogram. Anda juga dapat memeriksa payudara melalui ultrasonografi (USG), cara tersebut lebih efektif dari pada pemeriksaan mamografi.

  • Rajin olahraga
    Berolahraga selama 45 menit hingga satu jam secara rutin bisa mencegah kanker payudara, latihan kebugaran dapat membantu anda meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi resiko obesitas, serta menurunkan kadar hormon estrogen dan insulin. Jangan lupa konsumsi makan sehat, seperti sayur, buah, dan minum susu.

  • Hindari stress
    Memang belum terbukti, jika stres mampu memicu terjadinya kanker payudara. Namun, payudara bisa terasa sakit karena beberapa jenis hormon mmengalam peningkatan saat stres.

  • Jaga berat badan
    Selain menganggu penampilan, berat badan yang berlebihan membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan resiko berkembangnya penyakit serta menurunkan sistem kekebalan tubuh.

  • Kurangi minum alkohol
    Penelitian menunjukan, bahwa dua gelas alkhol setiap hari dapat meningkatkan resiko kanker payudara sekitar 21 persen. Coba ganti alkohol atau wine dengan buah anggur dan jus buah, resveratrol pada kulit anggur bisa membantu anda mengurangi kadar estrogen yang memicu terjadinya kanker.